Thursday 18 November 2010

kelebihan dan resiko investasi emas lantakan

investasi emas lantakan mempunyai kelebihan dan kekurangan yang perlu kita ketahui.salah satu kelebihan emas  adalah bahwa logam mulia ini merupakan barang yang dikenal oleh hampir semua orang atau emas tidak akan pernah mengalami inflasi tapi justru nilai investasinya bisa lebih tinggi dari inflasi.
setelah mengetahui dasar2 perhitungan investasi emas,kita dapat melakukan pembelian dan penjualan ditoko emas mana pun,asalkan harga tidak jauh berbeda.Namun sebenarnya perbedaan harga cukup beralasan .jika melakukan transaksi di PT ANTAM tentu kita harus mengeluarkan waktu luang dan biaya untuk transportasi,jadi pertimbangkan  juga hal tersebut ketika anda akan melakukan transaksi.
salah satu resiko dalam investasi emas lantakan adalah risiko penyimpanan.emas merupakan logam berharga yang berukuran kecil,jadi jika tidak berhati hati dalam hal penyimpanan emas sangat rentan terhadap masalah kehilangan,baik disebabkan pencurian maupun kelalaian.
TIPS MEMULAI INVESTASI EMAS LANTAKAN(BATANGAN)
sebelum melakukan investasi emas lantakan ,pahami beberapa tips berikut::
1.kuasailah perhitungan dasar dan lakukan pengecekan harga dasar di PT ANTAM atau pergi kesitusnya www.antam.co.id atau lihat tabel diatas lalu konversikan hitungan dalam rupiahnya.
2.pertimbangkan tempat anda membeli emas.jika membeli melalui toko emas,biasanya harga dasar yang dikenakan  sedikit lebih rendah dibandingkan dengan harga dasar PT ANTAM.namun ada juga biaya lain yang disebut "ongkos"yang besar kecilnya nominal sangat tergantung dari lokasi toko emas tersebut.toko emas yang terletak disebuah mal tentunya akan menerapkan ongkos yang lebih besar daripada toko emas yang berada disebuah pasar tradisional.
3.pilihlah emas lantakan yang memiliki sertifikat resmi dari PT ANTAM.
4.pilihlah ema slantakan dengan berat sedang dan bervariasi.pilihan ini sangat berpengaruh ketika ada kebutuhan mendesak.jika kita memiliki emas lantakan dengan berat 100gram,ketika kita membutuhka dana mendadak sebesar 10juta kita tetap harus menjual keseluruhan dari 100gram tersebut.
berbeda halnya ketika kita memiliki emas lantakan dengan berat 10gram sebanyak 10 lantakan.jika membutuhkan dana mendesak kita dapat menjual emas tersebut per lantakan.menyimpan emas lantakan dengan satuan sedang juga dapat meminimalkan resiko kehilangan.bayangkan jika kita memiliki emas lantakan sebesar 100gram,jika emas tersebut hilang tentu kita akan kehilangan semua investasi.
5.jika membeli emas lantakan ditoko emas negosiasikan mengenai ongkos yang dibebankan kepada kita.biasanya ketika kita membeli emas lantakan ditoko emas dalam satuan dibawah 100gram kita akan dibebankan biaya atau ongkos sebesar 50ribu hingga 200ribu.nilai tersebut tergantung dari lokasi tempat kita membeli.
6.pikirkanlah tempat yang paling aman untuk menyimpan.
salah satu kelebihan emas lantakan adalah bentuk investasi emas lantakan sangat mudah diubah menjadi uang tunai tanpa adanaya konfirmasi khusus dari pemilik lama.kelebihan ini sekaligus menjadi kelemahan dari investasi emas lantakan karena siapapun yang berhasil mengambil emas kita dan orang tersebut dapat dengan mudah menjualnya.
7.jika membeli emas dalam bentuk perhiasan pilihlah perhiasan dengan model yang sederhana.

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More