Sunday 20 March 2011

investasi emas

jika kita melakukan investasi emas secara konvensional,ketika harga emas mengalami penurunan kita akan menderita potensi kerugian.ada jenis investasi emas yang menawarkan keuntungan lumayan yaitu ketika harga naik cukup tajam kita akan mendapatkan keuntungan,namun jika harga emas yang kita beli mengalami penurunan kita tetap bisa untung.
jika kita melakukan investasi saham hal seperti itu disebut sebagai put option.put option merupakan sebuah kontrak yang yang membuat bahwa kita kita memiliki hak untuk menjual saham pada harga kesepakatan meskipun harga saham pada pasaran sedang turun.
sebagai contoh kita membeli saham ANTAM pada harga 2500 perlembar saham.selain memberi saham tersebut kita juga membeli putoptions yangt memiliki hak jual pada harga 2500.suatu ketika harga saham ANTAM turun hingga 1000 per lembar saham .karena kita memilki put option pada saat itu kita tetap berhak menjual saham ANTAM dengan harga 2500 sehingga kita terhindar dari resiko harga turun.
tentunya untuk mendapatkan hak tersebut kita harus mengeluarkan biaya atau yang disebut premi.besarnya premi misalnya 10% dari harga saham.hak tersebiut tidak berlaku terus menerus tetapi dalam jangka waktu tertentu.jika melewati batas waktu tersebut kita tidak melakukan klaim misalnya karena ternyata harga saham ANTAM naik menjadi 3000 hak yang berupa put option yang kita miliki tersebut akan hangus.
seperti itulah metode yang berlaku pada investasi emas.konsep ini menggunakan dasar perhitungankontrak selama 3 bulan.selama kontrak tersebut berlaku kita juga akan mendapatkan keuntungan tambahan sebesar 1,5% hingga 2% setiap bulannya.
berikut asumsi daftar keuntunganya:
1.emas yang kita beli sama persis dengan emas jenis logam mulia LM yang diproduksi oleh PT ANTAM.
2.jika harga emas naik tinggi kita-sebagai pelaku investasi emas-akan mendapatka keuntungan dengan cara menjual emas tersebut sesuai dengan harga pasar yang terjadi.
3.jika harga emas datar kita bisa menjual emas sesuai harga beli ataupun sesuai harga pasar dan kita juga mendapatkan keuntunga sekian persen dari harga beli.
4.jika harga emas mengalami penurunan yang cukup tajam kita bisa mengembalikan ema syang kita beli pada penjualnya.uang yang pernah kita bayarka dikembalikan secara utuh ditambah keuntungan sekian persen dari harga beli kita.
sekian,,,,,,

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More